RSS

Introduction to RME

REVIEW ARTICLE: Realistic mathematics education theory as a guideline for problem-centered, interactive mathematics education (Koeno Gravemeijer)

________________________________________________________________

UNDERSTANDING RME

________________________________________________________________

Getalslierten “Number String”: Math Game/Permainan Matematika

(http://www.fi.uu.nl/toepassingen/03094/toepassing_rekenweb.html)

Gambar 1. Tampilan awal game getalslierten (layout) pada komputer

Getalslierten “Number String” merupakan permainan matematika yang dirancang untuk anak kelas 1 sekolah dasar. Melalui permainan ini siswa diajarkan untuk mengurutkan bilangan 1 – 100. Selain itu siswa juga dapat melatih kemampuan menghitung bilangan berpola lima-lima atau sepuluh-sepuluh. Sebenarnya permainan ini merupakan permainan yang berbasis ICT (java applet) yang dapat di akses dihttp://www.fi.uu.nl/toepassingen/03094/toepassing_rekenweb.html. Namun, permainan ini juga bisa dimainkan secara offline (Paper and pencil based) seperti tampak pada lembar aktivitas.

Permainan Getalslierten “Number String” dapat dilakukan baik secara individual, berpasangan dan/atau berkelompok, bahkan bisa dimainkan oleh siswa 1 kelas.

Jika permainan ini akan digunakan untuk seluruh siswa 1 kelas (permainan kelas) maka sebaiknya guru membuatnya dalam ukuran yang besar. Setiap tempat angka di cetak dalam 1 lembar kertas terpisah dan disusun di papan tulis. Berikan beberapa angka kepada siswa dan minta mereka untuk menempatkannya sesuai dengan tempat angka itu seharusnya di papan tulis.

Namun jika permainan ini digunakan dalam kegiatan individu atau kelompok maka lembar aktivitas berikut dapat digunakan.

Download activity/permainan/ worksheetGetalslierten

________________________________________________________________

Book of Magic Worksheet: Math Activity/game

Pada postingan terdahulu (https://evangelistanote.wordpress.com/2011/09/13/java-applet-book-of-magic/) penulis telah mengulas mengenai permainan matematika “book of magic” yang merupakan salah satu permainan matematika online untuk mengajarakan perkalian, penjumlahan, pengurangan dan pembagian. Pada kesempatan ini penulis akan kembali mengulas permainan ini tetapi dalam bentuk paper-pencil based (bukan permainan online).

Permainan book of magic pada postingan kali ini merupakan modifikasi permainan matematika online Book of Magic yang bisa diakses di http://www.fi.uu.nl/toepassingen/00141/toepassing_rekenweb.en.html). melalui permainan ini siswa  dapat melatih kemampuan berpikir mereka terkait dengan penyelesaian soal terbuka mengenai operasi hitung bilangan bulat. Permainan book of magic berikut cocok diberikan untuk anak usia 9 samapai 12 tahun. Berikut ini akan dipaparkan mengenai aturan, contoh dan beberapa soal serta kartu yang bisa digunakan dalam permainan. Banyak soal dapat ditambah dengan cara membuatnya sendiri.

baca selengkapnya pada:

Book of Magic Worksheet: Math Activity/game

________________________________________________________________

Hatching the Eggs (Menetaskan Telur): Pengayaan Geometri

UNSRI-Palembang. Senin, 28 November 2011 perkuliahan Introduction to RME dibimbing oleh Prof. Dr. Zulkardi, yang merupakan salah satu tokoh P4MRI dari UNSRI-Palembang. Pada perkuliahan tersebut, Prof. Zulkardi memberikan tugas untuk menyusun puzzle secara berkelompok, yang berupa potongan dari sebuah telur. Kami yang terdiri dari 15 mahasiswa dibagi kedalam 5 kelompok, yang masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Permainan sekaligus pembelajaran matematika ini diberi nama Hatching The Egg (menetaskan telur). Pada pembelajaran tersebut, tiap kelompok mencoba untuk menyusun dan kemudian menganalisis permainan ini. Tujuan dari permainan puzzle ini adalah untuk menyusun potongan telur sehingga membentuk unggas yang sesuai dengan gambar yang diberikan, kemudian mencari sebanyak mungkin bentuk unggas yang mungkin dibentuk oleh siswa.

READ MORE:  Hatching the Eggs (Menetaskan Telur): Pengayaan Geometri

—————————————————————————————————————————————————————–

Monday, 19 September 2011

Mengenalkan Bangun Datar: “Cerita Kakek Tang-Berburu di Hutan”

Setelah sebelumnya pada mata kuliah classroom observation Bu Ratu Ilma memperlihatkan video pengajaran beliau di TVRI mengenai mengenalkan bangun datar dengan menggunakan konteks puzzle (tangram dan cerita Kakek Tang), maka pada mata kuliah Introduction to RME, Prof Zulkardi mengimplemenasikan pembelajaran tersebut kepada kami mahasiswa IMPoME 2011.

First, Prof. Zulkardi divided us into small groups of three and gives us “Tangram” then asks us to cut it. He also gives us papers of images like rabbit, Kakek Tang, crocodile, etc. which are related to the story.

Setekah itu, Prof. Zulkardi mulai menampilkan slide cerita Kakek Tang yang sedang berburu di hutan. Dalam praktik sesungguhnya di kelas, guru tidak hanya menampilkan slide tapi lebih baik jika guru menyampaikan cerita itu secara langsung (bercerita).  Di setiap bagian cerita, ada sebuah pertanyaan atau teka-teki karakter yang harus ditebak siswa seperti gambar kakek tang atau hewan yang seperti kancil yang ditembak oleh kakek tang sampai rubuh. Jawaban dari teka-teki tersebut telah disediakan di lembar ebelumnya yang telah dibagikan. Tugas siswa setelah berhasil menebak karakter yang dimaksud adalah menyusun tangram sehingga membentuk seperti gambar karakter tersebut.

In the end of class, Prof. Zul asks us to make a character using tangram. That’s kind of difficult and challenging activity, but  every group can do it well. We make new character like duck, bird, bee and relate them to the story. Prof. Zul explains that this is an example of RME, and this can be used to teach about plane like square, triangle, rectangle and so on. Through this activity students can learn to cooperate with their friend and also they will be motivated in learning math because the context is close to them.

——————————————————————————————————————————————————————————

Tuesday, 6 Sept 2011

Prof. Zulkardi gave us a task to review or make summary of articles related to Realistic Mathematics Education from some sources like Koeno Gravemeijer dissertation, book titled ‘A decade of PMRi’ edited by Prof. Sembiring dkk. and some international journals.

The list of reviewed articles can be seen as follow (as a note, these reviews are written by IMPoME 2011 students):

History of PMRI (reviewed by Elika Kurniadi)

—————————————————————————————————————————————————————————

Thursday, 25 August, 2011

Introduction of Realistics Mathematics Education (RME) is one of my courses in IMPoME 1st Semester in Sriwijaya University (UNSRI). This course is taught by Prof. Zulkardi. In this course, we learn about the history of RME, articles related to RME, the journey of RME, and so on.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: